Logo ABC

Puluhan Peziarah Kristen Tersesat di Negara Tetangga Indonesia

Pilot helikopter Jurgen Ruh mengatakan timnya bisa menyelamatkan delapan orang.
Pilot helikopter Jurgen Ruh mengatakan timnya bisa menyelamatkan delapan orang.
Sumber :
  • abc

Kelompok warga Kristen berjumlah 30 orang yang hendak menghadiri kegiatan keagamaan di Dataran Tinggi Papua Nugini (PNG) tersesat 10 hari lalu. Persediaan bahan makanan yang mereka bawa di negara tetangga Indonesia itu sangat terbatas.

Bantuan sudah dikerahkan ke sana setelah beberapa orang berhasil menyelamatkan diri turun dari gunung di akhir pekan, dan melaporkan bahwa belasan lain masih tersesat di daerah pegunungan.

Tim penyelamat menggunakan helikopter sudah dikirim ke daerah tersebut pada Minggu, namun insiden ini sudah menimbulkan korban jiwa sebanyak 11 orang dilaporkan tewas, termasuk seorang pendeta.

Mayat mereka sudah ditemukan. Sedikitnya tiga orang lagi belum ditemukan. Kelompok peziarah ini berangkat 10 hari lalu untuk menghadiri perayaan keagamaan Kristen di kota Kabwum, namun mereka tersesat di pegunungan Saruwaged Ranges, Provinsi Morobe.

External Link: Map showing the town of Kabwum near the Saruwaged Ranges in PNG's Highlands Helikopter hanya bisa membawa tiga orang

Pilot helikopter Jurgen Ruh mengatakan timnya berhasil menyelamatkan delapan orang kemarin, dan menambahkan bahwa mereka akan ke lokasi lagi pada Senin untuk mengirim makanan dan mengevakuasi yang masih berada di daerah pegunungan tersebut.

"Kami hanya bisa membawa tiga orang dalam helikopter sekali jalan." kata Ruh kepada ABC.