Logo DW

Status Boleh Negara Maju, tapi Tentaranya Tak Ganti Sepatu 6 Tahun

picture-alliance/dpa/P. Seeger.
picture-alliance/dpa/P. Seeger.
Sumber :
  • dw

Para tentara Jerman harus sabar menunggu sampai 2022 sampai bisa mengenakan sepatu PDL boot baru. Alasannya, karena kapasitas produksi terbatas di industri, menurut informasi dari media-media di Jerman.

Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan realisasi pengadaan sistem sepatu tempur baru bagi angkatan bersenjata, menurut perencanaan, saat ini baru bisa terwujud sampai akhir kuartal II 2022.

Pernyataan itu dirilis sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan politisi oposisi Marie-Agnes Strack-Zimmermann kepada pemerintah.

Sejak 2016, Bundeswehr telah merencanakan pengadaan "sepatu tempur berat" dan "sepatu tempur ringan" untuk menggantikan "sistem sepatu semua musim" yang merupakan standard sepatu PDL saat ini, kata harian Tagesspiegel yang terbit di Berlin dalam edisi Rabu (28/8).

Ketidakmampuan Bundeswehr memenuhi perlengkapan alas kaki yang sangat mendasar bagi penugasan pasukan menambah panjang daftar "skandal" yang terjadi di sekitar angkatan bersenjata Jerman.

Kapasitas produksi terbatas

Seharusnya, sepatu boot yang baru itu sudah tersedia pada akhir 2020, namun ternyata "karena kapasitas produksi yang terbatas di industri, jadwal tidak dapat dipertahankan," tulis Kementerian Pertahanan Jerman dalam penjelasannya.