Logo BBC

Donald Trump Ingin Lenyapkan Badai dengan Senjata Nuklir

Presiden AS Donald Trump.
Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump ingin melenyapkan badai dengan senjata nuklir. Ia dilaporkan meminta kajian tersebut, sebelum badai menerjang dan menyebabkan kerugian.

Menurut situs berita Axios, Donald Trump mengajukan pertanyaan tersebut ke sejumlah pejabat keamanan nasional Amerika Serikat. Namun belakangan ia membantah dirinya meminta kajian soal ini.

Badai secara berkala menerjang kawasan pantai timur AS dan menyebabkan kerusakan dalam skala besar. Tapi, apakah bom nuklir yang dahsyat bisa dipakai untuk menghancurkan badai?

Para ilmuwan di Badan Atmosfer dan Laut Nasional Amerika, NOAA, menyatakan bom nuklir tidak akan efektif menghancurkan badai.

“Bom nuklir tidak akan membuat badai menjadi lebih lemah. Jika bom nuklir digunakan, maka bahan radio aktif akan dengan cepat bergerak mengikuti angin, sehingga mempengaruhi daratan,” demikian penjelasan NOAA.

Kesulitan penggunaan bahan peledak untuk mengubah badai, kata NOAA, adalah terkait dengan jumlah energi yang diperlukan. Pelepasan panas dari badai setara dengan kekuatan bom nuklir 10 megaton yang meledak setiap 20 menit.

NOAA juga menjelaskan, meski energi dari bom nuklir mendekati kekuatan badai, tidak mudah melumpuhkan badai dengan bom ini, karena mendekati dan menghancurkan inti badai yang ada di lautan lepas bukan pekerjaan mudah.