Logo BBC

Kisah Unik Bule Masuk Islam Gara-gara Punya Kuncian Ini

Sebuah poster acara obrolan televisi di Malaysia yang menampilkan Mat Dan. - Mat Dan.
Sebuah poster acara obrolan televisi di Malaysia yang menampilkan Mat Dan. - Mat Dan.
Sumber :
  • bbc

Tidak lama setelah menjejakkan kaki di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, Mohammed Kareef Daniel Abdullah tak membutuhkan waktu lama untuk menggaet perhatian warga lokal.

Sejak saat itu, publik lokal semakin kerap memanggil nama kecilnya.

"Orang-orang berkata, `Lihat, lihat ini Mat Dan!`" ujar ibundanya. Sang ibu berkata, hanya beberapa orang yang benar-benar berani mengajak Dan untuk selfie.

Membintangi program perjalanan pribadi di televisi, menjadi penyiar acara radio pagi hari, hingga tampil dalam iklan wisata religius ke Mekah, Mat Dan adalah berita besar di Malaysia.

Proses yang kini ditapakinya jelas bukan jalan biasa bagi warga Inggris yang lahir dengan nama Daniel Tyler tersebut.


- BBC

Tumbuh di kota kelas menengah Cheltenham di Cotswolds, Inggris, kehidupan Dan bukanlah hal yang luar biasa.

Dan, tak menyenangi proses belajar di sekolah, tetapi berbakat dalam permainan kriket. Ia pernah mewakili Gloucestershire ajang kriket kategori usia muda.

Namun saat remaja, kriket tak lagi menjadi perhatiannya. Dan kala itu menemukan kesenangan baru dalam musik dan pesta. Dan putus kuliah. Ia kerap ditemukan di pub dan bekerja di toko pakaian.


Dan saat berlibur di Magaluf, Spanyol, tahun 2007. - Alex Duncan

Pada 2008, Dan merasa uang yang ditabungnya cukup untuk membiayai perjalanan ke Asia Tenggara. Kala itu ia berkelana bersama beberapa teman, termasuk saya.

Meskipun kembali ke Inggris setelah beberapa bulan di kawasan itu, akhir 2008 Dan memutuskan untuk kembali ke Asia Tenggara.

Dan tidak tahu bahwa keputusan itu akan mengubah hidupnya selamanya. Dan berakhir di pulau kecil bernama Pulau Kapas di pantai timur Malaysia.