Pengebom Itu Masuk Markas CIA Karena Diundang

VIVAnews - Lagi-lagi intelijen Amerika Serikat kebobolan setelah pekan lalu ada teroris hampir meledakkan sebuah pesawat yang terbang ke Detroit, Amerika Serikat. Kebobolan kali ini adalah, seorang pengebom bunuh diri melenggang masuk markas lapangan Central Intelligence Agency (CIA) di Khost, Afghanistan, karena diundang.

Akibat pengeboman pada Rabu 30 Desember 2009 ini, tujuh orang yang diduga agen CIA meninggal dunia, termasuk kepala tim yang diidentifikasi sebagai ibu tiga anak. Enam personel badan terluka dalam apa yang dianggap sebagai serangan paling mematikan untuk CIA sejak perang di Afghanistan dimulai pada tahun 2001 itu.

Dua mantan pejabat Amerika membeberkan fakta memalukan kepada Associated Press, bahwa pengebom itu sebenarnya diundang masuk oleh CIA tanpa dipindai. Salah satu pejabat itu, mantan petinggi CIA, menyatakan pria pengebom itu dianggap sebagai informan dan untuk pertama kalinya dia diajak masuk ke dalam markas rahasia itu.

Pria tersebut kemungkinan tidak dipindai untuk mendapatkan kepercayaannya. Seorang mantan pejabat CIA lain menyebut, memang biasanya pengamanan agak dikendorkan untuk seorang calon informan potensial. "Ketika Anda mencoba mendapatkan sebuah laporan dan meminta mereka merisikokan hidupnya untuk Anda, yang harus Anda lakukan adalah membangun kepercayaannya."

Namun pejabat resmi CIA membantah pernyataan itu. Juru bicara CIA, George Little, menyatakan terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang sesuatu yang terjadi baru kemarin.  “Saat ini CIA tengah mengumpulkan bukti-bukti yang rinci tentang terkait terjadinya peristiwa tersebut,” kata dia. (AP)

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama
Pemain Juventus usai dikalahkan Udinese

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Duel Cagliari vs Juventus dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di Stadion Unipol Domus, Sabtu 20 April 2024, pukul 01.45 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024