Pemandangan Mengerikan di Langit Arab Saat Pusat Minyak Dunia Meledak

Saudi Aramco.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Pemandangan mengerikan terlihat di langit Arab Saudi ketika pusat minyak terbesar dunia meledak dan terjadi kebakaran hebat.

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Dalam beberapa rekaman video amatir yang disiarkan masyarakat, tampak langit di Kota Buqyaq, Arab Saudi tertutup asap hitam pekat. Dari kejauhan tampak kobaran api menjulang tinggi ke angkasa dari dua kilang minyak yang meledak dan terbakar.

Suasana kota benar-benar mencekam, suasana malam mendadak menjadi terang dan memerah efek dari cahaya dari kobaran api yang besar, Sabtu 14 September 2019.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Asap hitam pekat mirip cendawan menambah suasana semakin mencekam, ditambah lagi beberapa kali terdengar suara ledakan besar dari kilang.

Saudi Aramco meledak setelah diserang kelompok militan  Houthi Yaman dengan menggunakan drone. Ada dua fasilitas pengolahan minyak yang diserang dengan pesawat tanpa awak itu, yakni fasilitas Abqaiq dan Khura.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Saudi Aramco merupakan fasilitas pemrosesan minyak Abqaiq di Buqyaq, berada sekitar 205 mil timur laut dari ibukota Arab Saudi, Riyadh, sebagai pabrik stabilisasi minyak mentah terbesar di dunia.

Fasilitas ini mengolah minyak mentah menjadi minyak mentah manis, kemudian diangkut ke titik transshipment di Teluk Persia dan Laut Merah. Diperkirakan mereka dapat memproses hingga 7 juta barel minyak mentah per hari.

Baca: Pusat Minyak Terbesar Dunia Saudi Aramco Meledak Hebat Diserang Drone

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya