Longsor di Resort Brazil, 19 Turis Tewas

VIVAnews - Sedikitnya 19 orang tewas dan 10 lainnya luka-luka setelah terjadi longsor pada sebuah resort di wilayah kepulauan Brasil. Sekitar 50 orang tewas dalam beberapa peristiwa tanah longsor di sekitar Rio de Janeiro selama dua hari terakhir.

Stasiun televisi BBC News mengungkapkan, longsor menghancurkan tiga rumah dan sebuah penginapan di Ilha Grande, Angra dos Reis, dekat kota Rio de Janeiro.

Komandan pemadam kebakaran Pedro Machado mengatakan longsor terjadi saat turis kembali ke kamar setelah perayaan malam tahun baru, Jumat waktu setempat. Machado menjelaskan, 100 orang termasuk polisi dan angkatan laut sedang mencari para para korban.

"Berdasarkan pendataan kami terhadap warga, jumlah korban bisa mencapai 40 orang," ungkapnya kepada sebuah stasiun radio Brasil. Resor Sankay hanya bisa dijangkau menggunakan kapal motor. Saat kejadian, semua 40 kamar penuh untuk merayakan malam tahun baru.

Pejabat setempat mengatakan sebagian besar korban tewas ditemukan setelah menggali jauh di dalam tanah, namun tiga diantaranya dievakuasi dari laut.

Para saksi menyatakan rumah-rumah dan resor dihantam gerakan tanah di lereng gunung hingga 300 meter. Associated Press melaporkan, sebagian penginapan  yang terbuat dari kayu terapung-apung di laut.

Wakil Gubernur negara bagian Rio, Luiz Fernando Pezao mengatakan, "Musibah ini sangat mengerikan. Batu-batu gunung dan pepohonan rubuh menimpa rumah-rumah," katanya.

Seorang Juru Bicara Pertahanan mengatakan hujan deras yang turun akan membuat proses evakuasi semakin sulit.

"Tim penyelamat melaporkan terlalu banyak air dan lumpur yang menjadikan evakuasi secara manual semakin sulit, tanpa bantuan peralatan berat," katanya. 

Pemerintah Provinsi Rio memberlakukan status rawan longsor meskipun hujan telah berhenti sejak Jumat. Longsor sering terjadi di wilayah padat penduduk sekitar lereng gunung kota kecil, Favelas. Longsor di Angra dos Reis jumat dini hari menewaskan tujuh orang lainnya.

Pejabat setempat mengatakan bencana tanah longsor terjadi akibat intensitas hujan yang turun di kota Rio beberapa hari terakhir.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024