Logo ABC

Pengguna Narkoba Tak Diperlakukan Lagi sebagai Kriminal

Hukuman terhadap pelanggaran berkenaan dengan narkoba merupakan salah satu yang paling berat di dunia.
Hukuman terhadap pelanggaran berkenaan dengan narkoba merupakan salah satu yang paling berat di dunia.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Malaysia kini mengubah pendekatan mereka dalam menangani masalah narkoba, setelah 40 tahun lebih menerapkan hukuman terberat bagi para pelanggar.

Dekriminalisasi pengguna narkoba di Malaysia adalah perubahan kebijakan radikal di negeri tetangga Indonesia.

Pengguna narkoba menyebabkan epidemik HIV, Hepatitis C dan TB. Sedangkan, bagi pengedar narkoba masih menghadapi ancaman hukuman mati.

Di luar sebuah masjid di Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia, tampak sebuah mobil van berwarna putih yang terparkir.

Inilah unit mobil methadone yang disediakan pemerintah Malaysia, dan jadi bagian dari upaya membuat pengguna narkoba tidak lagi dianggap sebagai tindak kriminal serius.

"Melihat pengguna narkoba sebagai seseorang yang menderita penyakit merupakan hal yang penting," kata Nurul Izzah Anwar, politisi partai berkuasa Pakatan, yang mendorong usaha tersebut.

Anggota parlemen dari koalisi Pakatan Nurul Izzah Anwar mengatakan 50 persen narapidana di Malaysia adalah pengguna narkoba Anggota parlemen dari koalisi Pakatan Nurul Izzah Anwar mengatakan 50 persen narapidana di Malaysia adalah pengguna narkoba.

ABC News: Phil Hemingway

"Jadi bagaimana kita memulai gerakan ini? Bagaimana kita mulai menanamkan kesadaran? Dilakukan lewat masjid. Dilakukan lewat rumah ibadah," katanya.