Logo DW

Pemerintah Siapkan Rp1.100 Triliun Atasi Perubahan Iklim

imago-images/Revierfoto.
imago-images/Revierfoto.
Sumber :
  • dw

Partai-partai koalisi pemerintahan Jerman, CDU, CSU dan SPD, sejak Jumat, 14 September 2019 mulai membahas paket kebijakan untuk penanggulangan dampak perubahan iklim global.

Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan, jika tidak dilakukan langkah drastis untuk meredam perubahan iklim sekarang juga, biaya yang harus dikeluarkan di masa depan jauh lebih tinggi lagi.

Kementerian Transportasi Jerman mengajukan proposal paket kebijakan dengan anggaran sampai 75 miliar euro atau Rp1.142 triliun.

Hingga 2030, sektor transportasi memang menjadi target utama dalam upaya mereduksi emisi karbondioksida (CO2).

Proposal itu antara lain mengusulkan keringanan pajak dan subsidi untuk mendukung pembelian mobil listrik, pembangunan jalur-jalur sepeda baru, meningkatkan jaringan, dan kualitas transportasi umum, mempromosikan bahan bakar alternatif untuk menggantikan bahan bakar fosil dan mereformasi jaringan dan perusahaan kereta api.

Satu juta stasiun pengisian baterai

Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz mengatakan, salah satu faktor sentral dalam upaya penanggulangan dampak perubahan iklim global adalah pengalihan teknologi kendaraan dari bahan bakar fosil ke teknologi tenaga listrik.