Logo ABC

Indonesia Balikin Kiriman 135 Ton Sampah Impor dari Australia

Pemerintah melalui Dirjen Bea dan Cukai akan memulangkan 9 kontainer atau sekitar 135 ton limbah plastik terkontaminasi B3 asal Australia.
Pemerintah melalui Dirjen Bea dan Cukai akan memulangkan 9 kontainer atau sekitar 135 ton limbah plastik terkontaminasi B3 asal Australia.
Sumber :
  • abc

Otoritas bea cukai Indonesia kembali menemukan seratus kontainer berisi sampah impor asal Australia. Rencananya Kamis, 19 September 2019 ini sembilan container seberat 135 ton akan dipulangkan ke Australia.

Temuan 100 kontainer sampah asal Australia Temuan 100 kontainer sampah asal Australia:Dirjen Bea dan Cukai bersama KLHK menemukan 100 kontainer limbah plastik impor asal Australia yang terkontaminasi sampah rumah tangga dan B3Sembilan kontainer akan dipulangkan Kamis, Walhi menyebut setiap tahun 3 juta ton sampah impor masuk ke Indonesia

Temuan ini merupakan hasil penindakan dan pemeriksaan pihak berwenang pertengahan Agustus lalu terhadap ratusan kontainer berisi limbah plastik yang diimpor oleh 3 perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di wilayah Tangerang, Banten.

Dalam sidak yang dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak, Batam, Tanjung Priok dan Tangerang itu petugas mendapati 156 kontainer terkontaminasi sampah dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Baca juga: Aplikasi Hilang dari Play Store, Bukalapak Minta Maaf

Sebanyak 100 kontainer diantaranya diimpor dari Australia, dengan rincian 13 kontainer ditemukan pada limbah yang diimpor oleh PT HI, 80 kontainer oleh PT NHI dan 10 kontainer diimpor oleh PT ART.

"Ketiga perusahaan tersebut kedapatan mengimpor limbah plastik tercampur sampah dan limbah B3 bahkan salah satu dari perusahaan tersebut mengimpor tanpa dilengkapi dokumen yang dipersyaratkan," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi di Jakarta Utara hari Rabu (18/9/2019).