Logo ABC

Ekspatriat Australia Sulit Dapat Kerja Selevel Sepulang dari Indonesia

Setelah bekerja sebagai konsultan kebijakan untuk Pemerintah Indonesia, John Cheong-Holdaway mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan yang selevel di Australia.
Setelah bekerja sebagai konsultan kebijakan untuk Pemerintah Indonesia, John Cheong-Holdaway mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan yang selevel di Australia.
Sumber :
  • abc

Sejumlah ekspatriat Australia yang kembali ke negaranya menemui kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang seleval dengan pekerjaan mereka di negara lain. Salah satunya dialami John Cheong-Holdaway yang pernah bekerja di Indonesia.

"Ketika pulang ke Australia dan mencari kerja untuk pertama kalinya, pekerjaan yang ditawarkan kepada saya levelnya jauh lebih yunior dibandingkan dengan pekerjaan saya di luar negeri," ujar John kepada program ABC TV News Breakfast, 20 September 2019.

Dia sebelumnya bekerja sebagai konsultan kebijakan di sektor energi untuk Pemerintah Indonesia selama beberapa tahun. John memutuskan pulang ke Melbourne dan dari pengalaman orang Australia lainnya yang juga meninggalkan Indonesia, dia sudah mengantisipasi kesulitan tersebut.

"Para perekrut tenaga kerja seringkali menyampaikan ke saya bahwa CV saya ‘sangat unik’," jelasnya.

"Saya pun harus menurunkan tingkat gaji yang saya harapkan untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus," tambahnya.

John mengatakan, banyak orang yang merasa akan kesulitan bila bekerja di negara lain, misalnya akan menghadapi masalah geger budaya atau culture shock.

"Tapi orang tidak berpikir bahwa kembali ke negara asal nantinya akan sama sulitnya," katanya.