Logo ABC

AS dan Sekutu Keroyok China soal Pelanggaran HAM kepada Muslim Uighur

Presiden AS Donald Trump berbicara dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, Selasa (24/9/2019).
Presiden AS Donald Trump berbicara dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, Selasa (24/9/2019).
Sumber :
  • abc

Amerika Serikat (AS) dan lebih dari 30 negara lainnya mengecam apa yang mereka sebut "kampanye tekanan buruk" oleh China terhadap Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang.

Hal tersebut dilakukan di sela-sela Pertemuan Majelis Umum PBB yang sedang dilangsungkan di New York, AS, tindakan yang dikecam balik oleh China pada Selasa (24/9/2019).

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Sullivan mengatakan bahwa PBB dan negara anggotanya "memilki tangung jawab tunggal berbicara setelah para korban menceritakan kembali tekanan yang mereka rasakan dari negaraā€¯.

Sullivan mengatakan adalah keharusan bagi negara anggota PBB untuk memastikan bahwa badan dunia tersebut bisa memantau pelanggaran HAM yang dilakukan China di Xinjiang dan memastikan bahwa Komisioner HAM PBB mendapat akses untuk masuk ke sana.

A map of Xinjiang and surrounding regions Dikelilingi oleh delapan negara Xinjiang adalah provinsi terbesar di China.

Supplied: Google Maps

Dia mengatakan pertemuan itu didukung juga oleh Kanada, Jerman, Belanda dan Inggris dan diikuti oleh 30 negara anggota PBB, perwakilan Uni Eropa, dan lebih dari 20 LSM dan juga warga Uighur yang menjadi korban.