Logo BBC

Buronon 17 Tahun Akhirnya Ditemukan di Gua Berkat Drone

Seorang buron di China yang melarikan diri dari penjara 17 tahun lalu, ditemukan sembunyi di gua kecil di pegunungan. - Polisi Yongshan
Seorang buron di China yang melarikan diri dari penjara 17 tahun lalu, ditemukan sembunyi di gua kecil di pegunungan. - Polisi Yongshan
Sumber :
  • bbc

Kepolisian China menangkap seorang buron yang telah lari selama 17 tahun, setelah menggunakan drone untuk mencari tempat persembunyiannya.

Song Jiang yang berumur 63 tahun, dipenjara karena terbukti bersalah melakukan perdagangan perempuan dan anak-anak, namun lari dari penjara pada tahun 2002.

Ia tinggal di gua kecil dan tak pernah melakukan kontak selama bertahun-tahun. Petunjuk itu membawa mereka ke pegunungan tak jauh dari kampung halamannya di provinsi Yunnan.

Setelah pencarian pertama gagal, polisi menggunakan pesawat tidak berawak untuk membantu petugas yang melakukan pencarian.

Dengan menggunakan drone inilah, polisi dapat melihat adanya warna biru di satu lembah dan juga terdapat sampah. Polisi kemudian bergerak dan melacak tempat itu dan menemukan Song di gua kecil, tempat persembunyian selama 17 tahun.

Menurut kepolisian, karena sudah lama tak berkomunikasi, Song juga sulit berbicara dengan para aparat keamanan yang menemukannya.

Media resmi menyebutkan Song menggunakan botol plastik untuk mendapatkan air minum dari sungai dan dahan-dahan pohon untuk membuat api. Ia telah dijebloskan kembali ke penjara.