Logo ABC

Tetangga Indonesia Masuk Daftar Negara Pengimpor Senjata Terbanyak

F35 Joint Strike Fighter in flight
F35 Joint Strike Fighter in flight
Sumber :
  • abc

Arab Saudi, Australia, dan China menjadi pembeli senjata dan perlengkapan militer terbesar di dunia pada tahun 2018, menurut lembaga Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI).

Peringkat Australia melonjak dari peringkat keempat di tahun 2017, menjadi pembeli senjata impor terbesar kedua di dunia, setelah Arab Saudi.

Sementara peringkat Indonesia yang pernah menduduki peringkat kelima, telah turun ke peringkat 22, yang artinya pembelian impor alat utama sistem senjata, atau alutsista, telah turun signifikan.

Sejumlah pengamat militer dan pertahanan di Indonesia mengatakan merosotnya peringkat Indonesia disebabkan karena membandingkan tren belanja militer yang secara global sedang mengalami peningkatan.

Negara Pengimpor Senjata Militer Terbanyak Rangking 2018 Rangking 2017 Negara 1 1 Arab Saudi 2 4 Australia 3 6 China 4 2 India 5 3 Mesir 22 5 Indonesia

Sumber: Stockholm International Peace Research Institute

"Secara domestik belanja militer Indonesia justru mengalami kenaikan. Tapi kalau dibaca secara tren di kawasan dan global pembelanjaan alutsista kita mungkin kurang cepat atau kurang besar," ujar Muhammad Haripin, pengamatan pertahanan dari LIPI.