Logo ABC

Viral Joki Tugas Kuliah, Tarifnya Rp42 Juta

Ilustrasi mengerjakan tugas.
Ilustrasi mengerjakan tugas.
Sumber :
  • abc

Jasa joki di kalangan mahasiswa sudah berkembang menjadi bisnis global, menurut sebuah artikel dari jurnal berjudul "Penilaian dan Evaluasi Pendidikan Tingkat Tinggi yang dikeluarkan 30 September 2019.

Pelayanan Joki di Australia 10 persen mahasiswa Australia menggunakan layanan joki (contract cheating). Mahasiswa Indonesia pakai joki menilai waktu pengerjaan tugas kurang banyak. Beberapa mahasiswa Indonesia menolak joki karena hasil tidak pasti

Sebesar 10 persen mahasiswa di Australia kemungkinan membayar orang lain untuk menulis esai atau mengerjakan tugas mereka, menurut Phillip Dawson, Profesor dari Deakin University yang meneliti hal tersebut.

Jasa joki ini pun turut dimanfaatkan oleh salah satu mahasiswa Indonesia di sebuah universitas di Melbourne, Australia bernama samaran Agus.

Mahasiswa S1 jurusan Pemasaran tahun ketiga ini awalnya merasa takut untuk menggunakan jasa dari seorang penyedia joki yang ia kenal dari teman-teman kampusnya.

Rasa takut akan tindakan curang itu namun hilang setiap kali ia merevisi hasil kerja joki yang telah lunas dibayar sebelum mengumpulkan.

"Awalnya saya takut [menggunakan jasa joki]. Tapi biasanya tugas itu saya revisi lagi sebelum dikumpul, jadi tidak takut. Penyedia jokinya sudah profesional juga."