6 Gajah Mati Gara-gara Sang Bayi Jatuh di Air Terjun

Gajah di Thailand
Sumber :
  • Facebook/DNP1362

VIVA – Enam gajah liar dilaporkan mati di Taman Nasional Khao Yai, Thailand setelah berusaha menyelamatkan diri dari air terjun. 

Penyebab Kematian Gajah Berusia 43 Tahun di ANECC Simalungun, Ada Infeksi Gigi

Dilansir dari situs Gizmodo, Minggu 6 Oktober 2019, insiden ini bermula ketika bayi gajah jatuh ke air terjun Hawe Narok atau Hell's Fall di taman nasional tersebut. Department of National Parks, Wildlife and Plant Conservation (DNP) Thailand mengetahui insiden itu sekitar tiga jam kemudian.

Tim DNP kemudian menemukan bangkai gajah-gajah itu pada pukul 03:00 waktu setempat, lima gajah dan satu bayi gajah usia tiga tahun.

Dua Gajah Liar Mati Mengenaskan di Kawasan Gunung Leuser

Menurut postingan di Facebook, ada dua gajah yang masih hidup, posisinya ada di sisi tebing air terjun dan mencoba turun, yang mana kemudian mereka terselamatkan. Pendiri Wildlife Friends Foundation Thailand, Edwin Wiek mengatakan, keadaan dua gajah itu kemungkinan berisiko.

"Ini seperti kehilangan setengah keluarga kamu. Tidak ada yang bisa kamu lakukan, itu sifat sayangnya," kata Wiek.

Gajah Betina Liar di Aceh Besar Mati karena Luka Infeksi di Perut

Sedangkan Menteri Sumber Daya dan Lingkungan Nasional, Varawut Silpa-archa mengatakan insiden itu merupakan kecelakaan dan mereka sering melihat hal ini terjadi. Kecelakaan ini juga pernah terjadi pada 1992 dan menewaskan delapan gajah.

Taman nasional seluas 772 mil persegi itu menjadi rumah bagi 300 gajah liar. Ada juga spesies lainnya, seperti siamang. Setengah dari 7.000 gajah liar yang ada di Thailand hidup di penangkaran dengan kondisi yang diklaim peneliti tidak memadai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya