Logo BBC

Lukisan soal Anggota Parlemen yang Digambarkan Simpanse Laku Rp172 M

- Sotheby`s
- Sotheby`s
Sumber :
  • bbc

Sebuah lukisan karya seniman Inggris Banksy yang menunjukkan para anggota dewan perwakilan rakyat sebagai simpanse laku £9,9 juta atau sekitar Rp172 miliar dalam lelang.

Karya seni sebesar empat meter berjudul Devolved Parliament itu dilukis oleh seniman asal Bristol yang tak pernah diketahui jati diri aslinya pada 2009.

Semula lukisan tersebut diperkirakan akan laku 2 juta poundsterling, namun ternyata laku lima kali lipat dalam rumah lelang Sotheyby`s di London pada Kamis (03/10). Melalui Instagram, Banksy menulis harga jual itu merupakan "rekor untuk lukisan Banksy" dan "sayang saya tidak lagi memilikinya."

`Persaingan harga`

Rumah lelang Sotheby`s dalam cuitan menulis lukisan itu terjual 9.879,500 pounsterling- sembilan kali lebih tinggi dari rekor sebelumnya - setelah perang persaingan harga selama 13 menit."

Namun harga lelang yang mencapai rekor tertinggi itu dipertanyakan oleh Banksy yang mengutip ucapan kritikus seni Robert Hughes dalam Instagram-nya dengan mengatakan, "Selain menjadi milik bersama seperti halnya buku, seni juga menjadi milik seseorang yang mampu."

Devolved Parliament adalah karya terbesar Banksy di atas kanvas. Karya sebelumnya senilai 1,4 juta pounsterling Keep It Spotless, terjual di Sotheby`s New York pada 2008.