Logo ABC

Setengah Milenial di Australia Kesepian, Termasuk Asal Indonesia

A woman looks through a window from a dimly lit room.
A woman looks through a window from a dimly lit room.
Sumber :
  • abc

Memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia Kamis (10/10/2019), Australia mendapatkan hasil temuan yang "mengkhawatirkan", di mana lebih dari setengah milenial atau anak-anak muda mereka mengalami rasa kesepian.

Hasilnya, 57 persen anak-anak muda Australia mengaku mengalami kesepian. Bahkan seperempat dari mereka setidaknya merasa kesepian selama tiga hari dalam seminggu.

Selalu merasa sendiri dan terisolasi dari pergaulan sosial menyebabkan anak-anak muda berisiko mengalami depresi dan kecemasan sosial, tulis laporan studi tersebut.

Rasa kesepian dialami oleh Nia, 25 tahun, yang meminta namanya disamarkan, saat bercerita kepada ABC Indonesia. Ia meninggalkan Indonesia saat masih kecil dan sudah lama menjadi warga negara Australia.

Nia tinggal di kota Sydney cukup lama, hingga akhirnya memutuskan pindah ke Melbourne sekitar 10 tahun lalu. "Kepindahan ini berdampak banyak pada saya, baik secara sosial dan emosional," katanya kepada ABC Indonesia.

Tantangan memiliki dua identitas Woman leans on balcony with head on hand, blurred background with people Satu dari tiga anak muda berusia 18 hingga 25 tahun di Australia mengaku merasa kesepian.

Pexels