Logo BBC

Yasuke, Samurai Jepang dari Afrika yang Misterius

Yasuke depicted in a Japanese children`s book - Copyright free
Yasuke depicted in a Japanese children`s book - Copyright free
Sumber :
  • bbc

Sekitar 500 tahun yang lalu, seorang laki-laki bertubuh tinggi asal Afrika tiba di Jepang. Ia kemudian menjadi orang asing pertama yang mendapatkan status prajurit samurai, dan kisahnya diangkat dalam dua film Hollywood.

Pria yang dikenal dengan nama Yasuke itu adalah seorang prajurit yang mencapai pangkat samurai di bawah pemerintahan Oda Nobunaga --penguasa feodal Jepang abad ke-16 dan yang pertama dari tiga pemersatu Jepang.

Pada 1579, kedatangannya di Kyoto, ibu kota Jepang pada saat itu, begitu heboh sampai orang-orang saling berdesak-desakan untuk melihatnya. Beberapa orang bahkan sampai mati tergencet, kata sejarawan Lawrence Winkler.

Setahun kemudian, Yasuke bergabung dengan eselon atas kelas prajurit Jepang, samurai. Tak lama kemudian, ia menjadi fasih berbicara bahasa Jepang dan berkuda bersama Nobunaga dalam pertempuran.

"Tingginya 6 shaku 2 sun (kira-kira 1,88m) ... ia hitam, dan kulitnya seperti arang," seorang rekan samurai, Matsudaira Ietada, menggambarkannya dalam buku hariannya pada 1579.

Ketinggian rata-rata seorang pria Jepang pada 1900 adalah 157,9 cm sehingga Yasuke tampak mencolok di antara kebanyakan orang Jepang pada abad ke-16.

Menjadi seorang prajurit