Logo DW

Seorang Ibu Diusir Gara-gara Pakai Jilbab Menuai Kontroversi

picture-alliance/W. Rothermel
picture-alliance/W. Rothermel
Sumber :
  • dw

Pekan lalu, politikus daerah sayap kanan, Julien Odoul, meminta seorang ibu yang mengenakan jilbab untuk meninggalkan sebuah galeri di Burgundy-Franche Comte, timur Prancis.

Ibu berjilbab tersebut tengah menemani anak-anak atau murid-murid dalam aktivitas belajar di luar sekolah atau kunjungan wisata.

Pada Senin (14/10), seorang pimpinan partai oposisi konservatif utama yang baru terpilih mengritik insiden itu, tetapi ia juga menyerukan larangan mengenakan jilbab bagi orangtua yang membantu kegiatan aktivitas belajar murid-murid di luar sekolah.

"Anda bisa melakukan hal itu, tanpa menyerang siapa pun," ujar pemimpin Les Republicains, Christian Jacob di radio Inter Prancis.

"Tapi di lain sisi, saya juga terkejut bahwa orang berjilbab bisa menemani aktivitas perjalanan murid-murid sekolah,” lanjutnya.

Pada 2004, Prancis melarang anak sekolah mengenakan pakaian yang menunjukkan afiliasi keagamaan tertentu. Pegawai negeri sipil (PNS) juga diwajibkan menjaga netralitas agama.

Simbol-simbol Islam dan kebijakan politik Islam tetap menjadi perhatian utama di antara para politisi dan intelektual Prancis, terutama pada kubu sayap kanan.