Logo BBC

Mengenal Bangsa Kurdi, Garda Terdepan Penumpas ISIS

Kaum Kurdi. - Reuters
Kaum Kurdi. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Antara 25 hingga 35 juta orang Kurdi menghuni kawsan pegunungan di perbatasan antara Turki, Irak, Suriah, Iran dan Armenia. Mereka merupakan kelompok etnik terbesar keempat di Timur Tengah, tetapi tidak memiliki negara sendiri.

Asal usul

Bangsa Kurdi merupakan salah satu penduduk asli daratan Mesopotamia dan di dataran tinggi di Turki bagian tenggara, Suriah barat laut, Irak utara, Iran barat laut dan barat daya Armenia.


- BBC

Kini mereka membentuk komunitas tersendiri, disatukan melalui ras, budaya dan bahasa sekalipun mereka tak punya dialek standar. Agama dan kepercayaan mereka berbeda sekalipun mayoritas adalah Muslim Sunni.

Mengapa mereka tak punya negara ?


Sekalipun memiliki sejarah panjang, bangsa Kurdi tidak pernah memiliki negara sendiri. - Reuters

Awal Abad ke-20, orang Kurdi mulai mempertimbangkan membentuk negara - disebut sebagai "Kurdistan". Sesudah Perang Dunia Pertama dan kalahnya kekhalifahan Turki Usmani, melalui Perjanjian Sevres, negara itu dipertimbangkan untuk dibentuk.

Namun tiga tahun kemudian melalui Perjanjian Lausanne yang menetapkan perbatasan Turki modern, rencana itu dibatalkan, dan menyebabkan orang Kurdi menjadi kelompok minoritas di negara-negara yang baru dibentuk.

Selama 80 tahun terakhir, upaya untuk membentuk negara Kurdi merdeka selalu dipatahkan dengan brutal.

Mengapa orang Kurdi di garis depan melawan ISIS ?