Logo DW

Berlin, Ibu Kota Metropolitan yang Kesepian

Colourbox.
Colourbox.
Sumber :
  • dw

Satu dari setiap dua rumah tangga di Berlin hanya hidup seorang diri. Kini di ibu kota Jerman itu terdapat sambungan telepon khusus untuk menemani orangtua mengobrol, pesta yang dirancang khusus untuk berpelukan, dan grup di Facebook yang khusus membantu penderita kesepian.

Berdasarkan laporan tahun 2018 yang dirilis di harian Berlin Tagesspiegel, ada 1.300 orang sukarelawan yang bekerja untuk memerangi kesepian. Jumlah tersebut mungkin terdengar banyak, namun sebenarnya tidak, jika dibandingkan dengan populasi di Berlin yang mencapai 3,6 juta orang.

Dalam laporan yang sama diungkap setidaknya 300 orang per tahun meninggal di apartemen mereka tanpa diketahui, bahkan terkadang baru ditemukan setelah berminggu-minggu. Di media Jerman dan media sosial, Berlin pun dijuluki sebagai "ibu kota kesepian."

Sebuah survei yang dilakukan oleh pemerintah federal Jerman mengungkapkan bahwa dari tahun 2011 hingga 2017, jumlah orang Jerman antara usia 45 – 84 yang merasa sangat kesepian melonjak hingga 15%. Dalam beberapa kelompok umur, jumlah itu melonjak hingga 59%. Terbukti, satu dari empat remaja dilaporkan merasakan kesepian.

Epidemi global untuk semua umur, ras, dan jenis kelamin

Meningkatnya isolasi di tengah masyarakat terjadi lintas usia, gender dan negara.

Sebelumnya, Inggris telah memiliki kementerian yang mengurusi kesepian. Kementerian dibentuk pada 2018 setelah sebuah penelitian menemukan bahwa 9 juta warga Inggris merasa kesepian. Direktur organisasi nirlaba Age UK, Mark Robinson mengatakan kesepian terbukti lebih buruk bagi kesehatan jika dibandingkan dengan merokok 15 batang sehari.