Logo ABC

Cara Unik Umat Muslim Tangkal Paham Radikalisme, Lewat Kriket

Jamal Mohammed dan putrinya Mairaj Fatima yang menjadi anggota tim kriket putri junior Truganina Cricket Club.
Jamal Mohammed dan putrinya Mairaj Fatima yang menjadi anggota tim kriket putri junior Truganina Cricket Club.
Sumber :
  • abc

Jamal Mohammaed mengatakan olahraga kriket akan menjadi kunci bagi umat Muslim muda di Australia - seperti putrinya - untuk terlibat dalam masyarakat dan menjauh dari paham radikalisme.

Namun usahanya membentuk tim kriket semua putri mendapat tentangan dari beberapa keluarga di sekitar tempat tinggalnya yang tidak mau melanggar tradisi dalam masyarakat mereka.

Jamal Mohammed yang tinggal di kawasan pemukiman di Melbourne Barat mengatakan dia tidak melakukan "kesalahan" yang dilakukan migran sebelumnya di Australia yang menghadapi masalah membangun kehidupan baru di sini.

"Mereka sibuk bekerja mencari uang, namun tidak banyak terlibat dalam perkembangan hidup anak-anak mereka." katanya.

"Bila kita tidak memperhatikan anak-anak, bila tidak terlibat dengan para remaja, ada kemungkinan mereka menjadi radikal."

Bagi Jamal, salah satu jawabannya adalah pembentukan klub kriket di dekat tempat tinggalnya di Truganina.

"Kami khawatir mengenai ekstremisme." katanya.

"Mudah sekali mereka terjebak ke dalamnya. Kita tidak bisa menguasai media sosial."

"Kalau kita tidak melibatkan mereka dengan kegiatan olahraga dan aktivitas lain, mereka memiliki banyak waktu luang untuk masuk ke kegiatan yang tidak kita inginkan." kata Jamal.

Dan dengan pembentuk klub kriket yang semua anggotanya perempuan, baik Jamal dan putrinya yang berusia 14 tahun Mairaj mendapat manfaat yang tidak terduga - pertalian dengan identitas kehidupan di Australia.

Anak perempuan di rumah saja