Logo DW

Norwegia Jadi Negara Terbaik bagi Perempuan, Indonesia Urutan Berapa?

DW/S. Bartlick
DW/S. Bartlick
Sumber :
  • dw

Meskipun tidak ada negara yang meraih skor sempurna, tren global dalam pemberdayaan perempuan bergerak "menuju ke arah yang benar," kata laporan terbaru Women, Peace and Security Index (WPS) yang dirilis Peace Research Institute di Oslo, Norwegia, yang dirilis hari Selasa (22/10).

Kesejahteraan perempuan disebutkan telah meningkat di 59 negara sejak indeks WPS pertama kali diterbitkan tahun 2017. Survei tersebut dilaksanakan oleh Georgetown University dan Peace Research Institute di Oslo.

Norwegia menempati peringkat teratas dengan skor sempurna dalam soal keuangan perempuan. Swiss menempati peringkat kedua, diikuti oleh Finlandia, Denmark dan Islandia. Indonesia hanya menduduki peringkat 95 dari seluruhnya 167 negara yang dilibatkan dalam survei.

Yaman menjadi satu-satunya negara yang ditemukan mengalami "kemunduran yang signifikan," dan menduduki di peringkat terbawah, diikuti oleh Afghanistan, Suriah, Pakistan, dan Sudan Selatan.

Jerman terbaik untuk pendidikan perempuan

Daerah dengan konflik bersenjata atau di mana situasi keamanan memburuk juga melihat penurunan kualitas hidup perempuan, kata para peneliti.

Indeks itu mengumpulkan data dari 167 negara dan menilai beberapa variabel termasuk pekerjaan, keamanan, perwakilan politik dan akses ke rekening bank.