Logo DW

Ibu Kota Chile Dikepung Satu Juta Demonstran

Demonstrasi di Chile (imago-images/Aton Chile/A. Pina)
Demonstrasi di Chile (imago-images/Aton Chile/A. Pina)
Sumber :
  • dw

Diperkirakan satu juta orang turun ke jalan di Santiago, ibu kota Chile, Jumat (25/10) waktu setempat. Pemerintah Chile diketahui tengah berusaha untuk meredam gelombang protes yang telah menelan korban jiwa selama satu minggu terakhir ini akibat tuntutan reformasi ekonomi.

Para demonstran berkumpul di jalan-jalan utama di kota Santiago dan bergerak bersama menuju pusat kota bergabung dengan demonstran lainnya dalam unjuk rasa yang mereka namakan "unjuk rasa terbesar di Chile" untuk menuntut pemerintahan Presiden Sebastian Pinera.

Beberapa hari sebelumnya, sejumlah supir angkutan umum di kota Santiago juga telah melakukan gerakan mogok kerja.

"Ini merupakan hari yang bersejarah bagi Chile, kota metropolitan ini menjadi tuan rumah aksi damai unjuk rasa bagi sekitar satu juta orang, yang mewakili sebuah mimpi baru bagi Chile," ujar Gubernur Santiago, Karla Rubilar dalam cuitan Twitter-nya.

Di kota pelabuhan Valparaiso, para anggota kongres dievakuasi setelah adanya bentrok antara para demonstran dengan aparat kepolisian. Sementara ribuan orang lainnya di seluruh penjuru Chile t terus bersatu mengajukan protes.

"Unjuk rasa besar-besaran yang menyenangkan dan damai hari ini, di mana masyarakat Chile menuntut Chile yang lebih adil dan suportif, membuka jalan untuk masa depan harapan besar," cuit Presiden Pinera di Twitter, Jumat (25/10) malam.

"Kami telah mendengar semua aspirasi. Kami semua telah berubah. Dengan persatuan dan atas rahmat Tuhan, kita akan menuju Chile yang lebih baik bagi semua orang." tulis Pinera.