Logo ABC

3 Pesawat Boeing 737 Qantas Retak, Ada yang Rute ke Indonesia

Qantas telah memeriksa setengah dari 75 pesawat jenis Boeing 737 yang mereka operasikan dan menemukan adanya keretakan pada 3 pesawat.
Qantas telah memeriksa setengah dari 75 pesawat jenis Boeing 737 yang mereka operasikan dan menemukan adanya keretakan pada 3 pesawat.
Sumber :
  • abc

Maskapai penerbangan nasional Australia Qantas menyatakan telah menemukan adanya keretakan di tiga pesawat jenis Boeing 737 yang mereka operasikan.

Pesawat ini dioperasikan juga untuk beberapa rute luar negeri termasuk ke Indonesia.

Pengumuman ini disampaikan Qantas menyusul cekcok pihak manajemen dengan serikat buruh penerbangan, yang menyerukan agar Qantas mengandangkan seluruh armada Boeing 737 miliknya.

Dalam pernyataannya, maskapai yang dijuluki Flying Kangaroo ini menjelaskan, "Dari 33 pesawat 737 milik Qantas yang harus diperiksa, tiga di antaranya ditemukan memiliki keretakan setipis rambut dalam struktur pickle fork pesawat."

"Pesawat-pesawat ini telah ditarik dari layanan untuk mendapatkan perbaikan," katanya.

"Pickle fork" pada struktur pesawat berfungsi untuk memperkuat hubungan antara bagian sayap dan bagian badan pesawat.

Qantas pada hari Rabu (30/10/2019) menyatakan pihaknya segera memulai inspeksi pada setengah dari armada Boeing 737 miliknya setelah ditemukan satu keretakan selama pemeliharaan rutin.