Liburan, Warga AS Tingkatkan Belanja Online

VIVAnews - Belanja online meningkat selama musim liburan tahun 2009 di Amerika Serikat (AS). Di musim liburan lalu, banyak yang lebih memilih melakukan pembelian barang lewat internet. Demikian menurut studi yang dilakukan oleh firma penelitian ComScore.

Konsumen mengeluarkan sekitar US$27 miliar untuk membeli berbagai produk mulai 1 November hingga 24 Desember 2009. Jumlah tersebut meningkat 3,5 persen dibanding tahun 2008.

“Sektor e-commerce mengalami titik balik setelah mengalami kelesuan saat liburan 2008,” kata Gian Fulgoni, Direktur ComScore, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari PC Online, 5 Januari 2009. “Tahun 2008, belanja online turun 3 persen karena konsumen mengekang pengeluaran akibat krisis ekonomi,” ucapnya.

Belanja online per pembeli menurun sedikit tahun 2009 karena tantangan-tantangan ekonomi. Namun terjadi peningkatan keseluruhan pembeli di musim liburan 2009 sehingga mendongkrak jumlah pembeli online.

Para penjual online berusaha membangkitkan pembelian dengan menawarkan promosi online dan free shipping. Jejaring sosial juga digunakan dengan efektif sebagai sarana melakukan kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

Belanja online terbesar sepanjang periode 1 November 2009 hingga 24 Desember 2009 terjadi pada tanggal 14 Desember dengan nilai US$859 juta. Jumlah itu menurun 1 persen dibanding tahun lalu. Meski demikian, tingkat pertumbuhan mencapai puncak pada 15 Desember ketika belanja online melonjak hingga 21 persen.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024