Presiden Brasil Salahkan Leonardo DiCaprio Atas Kebakaran Hutan Amazon

Leonardo DiCaprio
Sumber :
  • Instagram/onceinhollywood

VIVA – Tanpa memberikan bukti, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro mengatakan bahwa aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio telah mendanai kelompok nirlaba yang ia klaim bertanggung jawab atas kebakaran di Amazon tahun ini.

10 Pemimpin Dunia yang Kontroversi, No 4 Disebut Diktator

Pernyataan Bolsonaro tentang aktor Amerika Serikat itu adalah bagian dari kampanye pemerintah yang lebih luas terhadap kelompok nirlaba lingkungan yang beroperasi di Brasil.

"DiCaprio adalah pria yang keren, bukan? Memberi uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro kepada para pendukungnya di Brasilia, dikutip dari laman The Hollywood Reporter, Minggu, 1 Desember 2019.

Eks Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diperiksa Terkait Hadiah Perhiasan dari Arab Saudi

Organisasi lingkungan DiCaprio, Earth Alliance, menjanjikan US$5 juta (Rp70,4 miliar) untuk membantu melindungi Amazon setelah rentetan kebakaran memusnahkan sebagian besar hutan hujan itu pada bulan Juli dan Agustus 2019 lalu.

Namun, aktor yang dikenal sebagai aktivis lingkungan itu mengatakan bahwa kelompoknya belum mendanai salah satu dari dua organisasi nirlaba yang disebutkan oleh para penyelidik sejauh ini.

Eks Presiden Bolsonaro Bantah Selundupkan Hadiah Perhiasan dari Saudi Senilai Rp 49 Miliar

"Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan. Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok yang melindunginya," demikian bunyi pernyataan resmi DiCaprio.

DiCaprio juga memberikan respons yang lebih panjang atas tuduhan Bolsonaro dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Pada masa krisis Amazon ini, saya mendukung orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Mereka adalah contoh yang luar biasa. Komitmen dan semangat yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan," tulisnya.

"Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok-kelompok yang melindunginya. Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan. Saya tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brasil, pemerintah daerah, ilmuwan, pendidik dan masyarakat umum yang bekerja tanpa lelah untuk mengamankan Amazon untuk masa depan semua warga Brasil," tambahnya.

Sebagai informasi, beberapa anggota pemerintahan Bolsonaro berpendapat bahwa kelompok masyarakat sipil dan hukum lingkungan menghambat pembangunan ekonomi di wilayah Amazon.

Bolsonaro dan Menteri Lingkungan Hidup Brasil, Ricardo Salles mempromosikan pembangunan di beberapa area alami yang dilindungi, bahkan ketika kebakaran dan deforestasi yang disengaja di Amazon telah mencapai tingkat yang tidak terlihat dalam satu dekade.

Kritik terhadap DiCaprio dan aktivis lingkungan menyusul serangan polisi di markas besar dua kelompok nirlaba di negara bagian Para, Amazon awal pekan ini. Polisi setempat juga menangkap empat petugas pemadam kebakaran sukarela dan mengatakan pihaknya tengah menyelidiki mereka karena diduga menyalakan api untuk mendapatkan dana dari donor yang bersimpati.

Petugas pemadam kebakaran sukarela membantah melakukan kesalahan dan hakim memerintahkan pembebasan mereka.

Jaksa federal mengatakan penyelidikan mereka menunjuk pada perampas tanah sebagai tersangka utama kebakaran di daerah itu, bukan organisasi nirlaba atau pemadam kebakaran.

Perlu diketahui pula bahwa peternak sapi, petani, dan penebang liar telah lama menggunakan api untuk membersihkan lahan di Amazon.

Ini bukan pertama kalinya presiden Brasil tanpa bukti mengatakan bahwa kelompok nirlaba lah yang membakar hutan di Amazon, atau mempertanyakan peringatan banyak pihak tentang perubahan iklim akibat kebakaran tersebut.

Pada bulan Agustus, di tengah-tengah kemarahan internasional atas kebakaran Amazon, Bolsonaro menyalahkan "perang informasi yang terjadi di dunia melawan Brasil" dan menyerang kepala lembaga penelitian luar angkasa pemerintah yang memantau deforestasi.

Bolsonaro menuduh presiden institut itu, Ricardo Galvão, memanipulasi data deforestasi untuk membuat pemerintahannya terlihat buruk.

Tetapi sebuah laporan deforestasi tahunan yang dirilis pada bulan November, tiga bulan setelah insiden tersebut, telah mengonfirmasi kenaikan dua digit persen dalam deforestasi. Pemerintah Brasil kemudian mengakui bahwa deforestasi telah meningkat dari tahun ke tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya