Logo ABC

Jakarta Masuk Daftar Kota Berbahaya di Dunia

Ilustrasi Kota Jakarta
Ilustrasi Kota Jakarta
Sumber :
  • abc

Ibukota Indonesia Jakarta dianggap lebih aman dibandingkan tiga kota di Malaysia, Kuala Lumpur, Petaling Jaya dan Johor Bahru dari sisi tingkat kriminalitas dan rasa aman warganya.

Peringkat kota dunia Jakarta berada di peringkat 92 dari sisi keamanan dan kriminalitas. Numbeo mendapatkan laporan langsung dari warga yang tinggal di kota-kota Kota paling bahaya adalah Caracas ibukota Venezuela

Indeks yang dikeluarkan oleh Numbeo, sebuah data base yang mendapatkan data dari pengguna langsung membuat peringkat kota-kota di dunia berdasarkan statistik mengenai tingkat kejahatan, layanan kesehatan, polusi biaya hidup, dan indikator sosial lainnya.

Dalam peringkat soal kriminalitas, Jakarta berada di peringkat ke-92 dengan indeks kriminalitas 54.26, sementara kota Indonesia lainnya Bali berada di peringkat 133 dengan indeks kriminalitas 47.66.

Semakin rendah peringkat sebuah kota semakin menunjukkan bahwa kota tersebut dianggap lebih aman.

Tiga kota di Malaysia Kuala Lumpur, Petaling Jaya dan Johor Bahru memiliki peringkat yang lebih tingi sehingga dianggap lebih berbahaya.

Kuala Lumpur yang pernah menjadi ibukota Malaysia namun sekarang masih menjadi pusat bisnis berada di peringkat 34, dengan indeks 66.21, Petaling Jaya di peringkat 62 (indeks 68.28) dan Johor Bahru di peringkat 78 dengan indeks 56.82.