Logo DW

Digeruduk Pengunjuk Rasa, Dubes AS Angkat Kaki

Pasukan keamanan Irak mencoba mengamankan Kedutaan Besar AS di Baghdad.
Pasukan keamanan Irak mencoba mengamankan Kedutaan Besar AS di Baghdad.
Sumber :
  • dw

VIVA – Duta Besar (Dubes) AS untuk Irak dan anggota staf dievakuasi dari kantor Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Baghdad hari Selasa (31/12), sebelum puluhan pendukung kelompok militan Kataib Hezbollah mendobrak gerbang kedubes dan menyerbu kompleks serta membakar ruang lobi.

Para demonstran sebelumnya menerobos pos pemeriksaan keamanan di Zona Hijau yang dijaga ketat, sambil meneriakkan yel-yel "Matilah Amerika!" dan membakar bendera AS.

Massa militan marah
Petugas keamanan di dalam gedung kedutaan menembakkan granat kejut ke arah pengunjuk rasa di luar gerbang, lalu mundur ke dalam gedung karena khawatir tentang keselamatan staf.

Para demonstran yang marah menghancurkan kamera keamanan yang ada di luar. Seorang koresponden dari Al-Hadath yang berbasis di Yordania melaporkan ada lebih dari 20 ribu orang yang akhirnya berkumpul di luar kompleks kedutaan.

Perdana Menteri Irak memperingatkan pengunjuk rasa untuk menjauh dari semua kompleks kedutaan di kota Baghdad.

Ketegangan meningkat
Protes hari Selasa dipicu oleh kemarahan atas serangan udara AS di Irak dan Suriah hari Minggu (29/12) ke markas milisi Kataib Hezbollah yang didukung oleh Iran. AS menduduh kelompok itu melakukan serangan terhadap pos-pos militer AS dan menargetkan serdadu AS di Suriah dan Irak.

Serangan udara AS itu adalah langkah balasan terhadap serangan roket yang dilakukan Kataib Hezbollah Jumat lalu (27/12) di pangkalan militer Irak di Kirkuk.