Logo BBC

Trump Dukung Demonstran yang Protes Jatuhnya Pesawat Ukraina

Pelajar berkumpul di luar Universitas Amir Kabir untuk menghormati para korban pesawat jatuh. - AFP
Pelajar berkumpul di luar Universitas Amir Kabir untuk menghormati para korban pesawat jatuh. - AFP
Sumber :
  • bbc

Ratusan pengunjuk rasa turun ke jalanan di ibu kota Iran, Teheran, untuk mengungkapkan kemarahan mereka terhadap pejabat setempat dan menuduh mereka sebagai "pembohong" karena telah membantah tudingan bahwa pihaknya telah sengaja menembak jatuh sebuah pesawat penumpang dari maskapai Ukraina.

Unjuk rasa terpusat di setidaknya dua universitas dan petugas keamanan dilaporkan telah menembakkan gas air mata.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunggah dukungan bagi pengunjuk rasa yang "menginspirasi" melalui akun Twitter pribadinya.

Pada Sabtu, Iran mengakui "tak sengaja" menembak jatuh sebuah pesawat, tiga hari setelah kecelakaan yang menewaskan 176 orang.

Pesawat dengan kode penerbangan PS752 yang akan menuju Kyiv, ditembak jatuh pada Rabu dekat Bandara Imam Khomeini Airport di Teheran tak lama setelah lepas landas, dan hanya beberapa jam setelah Iran menembakkan misil ke dua markas udara tentara AS di Irak.

Serangan tersebut merupakan tanggapan Iran terhadap pembunuhan komandan Iran Qasem Soleimani dalam serangan udara yang dilancarkan AS di Baghdad pada 3 Januari.

Puluhan warga negara Iran dan Kanada, dan juga Ukraina, Inggris, Afghanistan, dan Jerman tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut.