Logo BBC

'Hantu' Virus Corona Jelang Imlek

Para pasien virus corona dirawat di Rumah Sakit Jinyintan. - EPA
Para pasien virus corona dirawat di Rumah Sakit Jinyintan. - EPA
Sumber :
  • bbc

Komisi Kesehatan China berupaya meyakinkan publik bahwa virus baru corona yang telah menyebar ke luar negara itu masih dapat dicegah dan dikendalikan. Hal ini menjawab keresahan masyarakat akan penyebaran virus menjelang perayaan Tahun Baru Imlek pekan depan.

Namun, Komisi Kesehatan Nasional China juga memperingatkan bahwa diperlukan monitoring ketat, sebab sejauh ini belum diketahui secara pasti sumber, transmisi dan metode mutasi virus baru tersebut.

Dalam pernyataan resmi pertama sejak terjadi wabah, Komisi Kesehatan Nasional berjanji untuk meningkatkan pemantauan selama perayaan Tahun Baru Imlek.

Dua orang meninggal dunia akibat virus yang menyerang pernafasan itu yang pertama kali muncul di Kota Wuhan Desember lalu.

Dari hewan terinfeksi, screening di Bandara Singapura

Hingga kini terdapat lebih dari 60 kasus yang sudah terkonfirmasi, tetapi sejumlah ahli kesehatan Inggris memperkirakan jumlahnya hampir 1.700 kasus. Walaupun wabah terpusat di Wuhan, muncul dua kasus di Thailand dan satu kasus di Jepang.

Para pejabat China mengatakan tidak ditemukan kasus penyebaran virus dari satu manusia ke manusia lainnya. Sebaliknya, kata mereka, virus itu berasal dari hewan yang terinfeksi di pasar hasil laut dan hewan liar di Wuhan.