Tak Pernah Ke Wuhan, Supir di Jepang Positif Tertular Virus Corona

Korban virus corona di China
Sumber :
  • The Star

VIVA – Pemerintah Jepang baru saja mengkonfirmasi dua kasus baru virus corona. Salah satunya termasuk seorang sopir bus wisata yang belum pernah ke kota Wuhan di Cina tengah. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Seperti diketahui, wabah virus mematikan ini dimulai di pasar makanan laut dan unggas. Temuan ini membuat jumlah total infeksi yang dikonfirmasi di Jepang menjadi enam kasus. 

Seperti dilansir SCMP, Sopir bus berusia 60-an mengendarai dua kelompok turis Tiongkok dari Wuhan awal bulan ini, kata menteri kesehatan Jepang Katsunobu Kato. Pengemudi tinggal di kota Nara.

Ini Alasan Mengapa Kasus Virus COVID-19 Melonjak Tinggi di Singapura Hingga 22 Ribu Kasus

Meski demikian hingga kini Kementerian Kesehatan jepang tidak dapat berkomentar lebih jauh tentang kasus baru ini. Menurut data World Organization, per 27 Januari 2020 secara global sebanyan 2798 dikonfirmasi. Di China sendiri terdapat, 2741 kasus yang dikonfirmasi dengan estimasi 5794. Sebanyak 461 dinyatakan dalam parah dan 80 di antaranya meninggal

Di luar China, sebanyak 37 dikonfirmasi di 11 negara. Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus kini tengah berada di Beijing untuk bertemu dengan pemerintah dan pakar kesehatan yang mendukung tanggapan tersebut. Tujuan misi ini adalah untuk memahami perkembangan terkini dan memperkuat kemitraan dengan China, khususnya untuk tanggapan.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Perkiraan saat ini dari masa inkubasi virus berkisar 2-10 hari, dan perkiraan ini akan disempurnakan karena lebih banyak data tersedia.  Memahami waktu ketika pasien yang terinfeksi dapat menularkan virus ke orang lain sangat penting untuk upaya pengendalian. 

Informasi epidemiologis terperinci dari lebih banyak orang yang terinfeksi diperlukan untuk menentukan periode infeksi 2019-nCoV, khususnya apakah penularan dapat terjadi dari individu tanpa gejala atau selama periode inkubasi.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023