Di Kota Ini Kematian Jadi Hal Terlarang

Kota Arktik Longyearbyen di Kepulauan Svalbard Norwegia
Sumber :
  • iflscience

VIVA – Kota Arktik Longyearbyen di Kepulauan Svalbard Norwegia, telah melakukan larangan yang sangat aneh. Mereka melarang kematian di sana sejak 1950. 

Ternyata Masih Hidup, Salwan Momika Ditangkap di Norwegia

Dikutip dari situs IFL Science, Senin, 3 Februari 2020, larangan juga termasuk pada masyarakat yang sudah menetap lama di sana. Jika ada yang sakit parah, maka akan diterbangkan ke luar pulau untuk menjalani sisa-sisa harinya. 

Kemudian jika ada yang mati mendadak di Longyearbyen, mayatnya akan dimakamkan di kota lain. Ternyata langkah ini diambil untuk melindungi penghuni lain. Pada saat larangan tersebut, mayat-mayat di sana ditemukan tidak membusuk karena lapisan es. 

Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

Kota Arktik Longyearbyen di Kepulauan Svalbard Norwegia

Akibatnya dikhawatirkan virus yang mematikan dalam tubuh mayat dapat tetap hidup dan bisa menginfeksi populasi yang masih hidup saat lapisan es mencair. Pejabat khawatir bakteri dan virus bersembunyi di kuburan. 

7 Fakta Hidup Salwan Momika, Orang Suka Bakar Quran Berujung Tewas Penuh Kejanggalan

Pasalnya pernah ditemukan sampel influenza Spanyol di paru-paru korban yang telah dimakamkan di bawah lapisan es Alaska sejak 1918. Hal serupa juga ditemukan di Longyearbyen karena wabah ini juga menyerang pada 1917.

Meskipun tidak mungkin jika es mencair maka virus akan menyebar, namun tindakan ini diambil untuk berjaga-jaga. Belum jelas seberapa besar virus dan bakteri pada jenazah berpotensi membahayakan populasi yang masih hidup, tapi mereka memutuskan untuk bertindak waspada. 

Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024