Logo DW

Sopir Taksi Sembuh dari Corona: Saya Mengalahkannya, Kalian Juga Bisa

picture-alliance/dpa/P. Janthong
picture-alliance/dpa/P. Janthong
Sumber :
  • dw

Seorang pengemudi taksi asal Thailand yang terinfeksi virus corona jenis baru (2019-nCov) akibat tertular dari wisatawan China, akhirnya dinyatakan sembuh. Pria yang tidak diketahui namanya ini menjadi pasien pertama di Thailand yang tertular penyakit ini lewat penularan antar manusia. pada 31 Januari 2020.

Ia mempunyai keinginan kuat agar orang-orang di kota Wuhan, yang menjadi pusat penyebaran virus corona, terus memerangi virus tersebut.

“Saya menonton berita setiap hari dari ruang karantina dan mengirimkan semangat ke Wuhan,” ujar pengemudi taksi berusia 50 tahun itu, yang mengenakan masker bedah untuk menyembunyikan identitasnya di sebuah konferensi pers.

“Bahkan saya pun bisa mengalahkannya. Kalian juga bisa,” sebutnya, setelah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Thailand menjadi negara kedua setelah China yang memiliki pasien terinfeksi virus corona terbanyak. Dibandingkan negara-negara lain, orang yang terinfeksi virus corona di Thailand berjumlah 25 kasus.

Sebanyak sembilan orang telah dinyatakan pulih dan 16 pasien lainnya masih dalam perawatan. Virus corona jenis baru ini telah membunuh hampir 500 orang dan hampir semuanya di China.

“Ketika saya tahu saya terinfeksi virus, saya menangis karena saya harus menjaga keluarga saya,” ujarnya. “Tapi saya tidak marah kepada turis atau orang China. Saya mengemudikan taksi, turis adalah sumber penghasilan saya.''