Logo BBC

Virus Corona Merebak, Presiden Xi Jinping Kunjungan Pasien di RS

Presiden China, Xi Jinping, melakukan pemeriksaan suhu tubuh saat berkunjung ke sebuah rumah sakit di Beijing. - EPA
Presiden China, Xi Jinping, melakukan pemeriksaan suhu tubuh saat berkunjung ke sebuah rumah sakit di Beijing. - EPA
Sumber :
  • bbc

Presiden China, Xi Jinping, mengunjungi sebuah rumah sakit di Beijing yang menangani pasien-pasien pengidap virus Corona, sebuah lawatan yang langka di tengah krisis kesehatan China.

Xi sudah beberapa pekan jarang terlihat di hadapan publik, ketika wabah virus memburuk.

Lebih dari 900 orang meninggal dunia karena virus corona, yang dianggap sebagai krisis kesehatan terburuk di China sejak wabah Sars pada 2002-2003.

Kedatangan Xi terjadi setelah virus tersebut merenggut nyawa dokter pertama yang mengeluarkan peringatan virus berbahaya kepada rekan-rekannya, namun malah menjadi sasaran pembungkaman pihak berwenang.

Hal itu memicu kemarahan warganet di media sosial kepada pemerintah China. "Kami ingin kebebasan berbicara" merupakan salah satu tagar yang disensor pemerintah China.

Para pemimpin China sebelumnya menghadapi tuduhan telah meremehkan virus Corona dan berusaha menutupi awal mula penyebaran virus mematikan ini.

Pada Senin kemarin, tim ahli WHO telah tiba di China untuk menyelidiki wabah virus setelah dua minggu bernegosiasi dengan Beijing untuk mendapatkan izin. Organisasi ini menyatakan tingkat kematian akibat virus sekitar 2%.