Ternyata Pasien Positif Virus Corona dari Wuhan Baru Pulang dari Bali

Virus Corona.
Sumber :
  • Science Alert

VIVA – Warga China diketahui sempat mengunjungi Bali pada akhir bulan lalu. Kemudian warga China tersebut oleh otoritas Provinsi Anhui, China akhirnya dilaporkan positif mengidap virus Corona jenis baru atau Covid-19. 

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

Dilansir laman Strait Times, pemerintah Indonesia mencoba memverifikasi hal ini sejak 12 Februari 2020. Hal tersebut awalnya beredar lewat media sosial Weibo bahwa Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Huainan (CDC) menyebutkan pada 5 Februari 2020, warga dengan marga Jin yang positif Corona itu terbang dengan menggunakan Lion Air JT2618 dari Wuhan ke Bali. Dia berangkat dari Wuhan pada tanggal 22 Januari 2020. 

Diketahui Wuhan merupakan pusat wabah virus Corona baru. Sementara hingga saat ni belum satu pun ditemukan kasus virus Corona baru di Indonesia. Dilaporkan, warga China terinfeksi virus Corona itu berlibur di Bali sekitar sepekan.

Di Tengah Konflik Perang, Tiongkok Dukung Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Dia kemudian kembali ke negaranya pada 28 Januari 2020 dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia GA858 dari Bali ke Shanghai.

Pasien tersebut dipastikan terinfeksi virus Corona pada 5 Februari 2020 oleh otoritas setempat. Hal itu diumumkan melalui laman resmi Huainan CDC.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

"Bagi para penumpang yang ada di penerbangan terkait harap melakukan mekanisme standar yang seharusnya," dituliskan melalui akun Weibo CDC.

"Diharapkan tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu untuk sementara dan apabila mengalami gejala demam segera memeriksakan diri ke rumah sakit," lanjut pernyataan tersebut.

Sementara bagi penumpang penerbangan tersebut yang tak mengalami gejala sakit diminta untuk menggunakan masker ke mana pun mereka pergi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya