Asteroid Aneh Dekati Bumi, Panggil Saja 2020 BX12

Ilustrasi Asteroid mendekati Bumi.
Sumber :
  • CNET

VIVA – Pengamat NASA baru saja dikejutkan dengan temuan asteroid misterius. Setelah diamati, asteroid misterius yang dijuluki 2020 BX12 ini ternyata punya bulan sendiri. Untungnya, keduanya tak berpotensi menjadi ancaman penghuni bumi.

Bumi Punya Tameng Langit

"Sangat menarik mengetahui itu adalah sebuah biner (bilangan basis dua)," kata Luisa Fernanda Zambrano-Marin, seorang mahasiswa yang tengah mengambil program doktor di Universitas Granada, Spanyol, seperti dilansir Washington Post.

Pada awal Februari ini, Zambrano-Marin dan beberapa koleganya mendapati tangkapan gambar yang terbilang sangat aneh saat melakukan pengamatan di Arecibo Observatory, Puerto Rico. Ada asteroid disertai benda angkasa lain yang tampak mempunyai fungsi layaknya bulan.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Dari pengamatan tersebut diketahui bahwa asteroid misterius ini punya diameter 540 kaki. Sedangkan benda langit yang menyerupai bulan tersebut berukuran hanya sekitar 230 kaki atau tak sampai setengah ukuran asteroidnya.

Baca juga: 

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

Lupakan Sejenak Wabah Corona, Besok Asteroid Pembunuh Dekati Bumi

Geger Asteroid Bakal Tabrak Bumi Sabtu Besok, Dimana Bruce Willis?

Tampak benda yang menyerupai bulan tersebut berputar lebih lambat dan membutuhkan waktu sekitar 50 jam untuk menyelesaikan sekali rotasi. Sebenarnya 2020 BX12 pertama kali dideteksi dari Lab Observasi Hawai tersebut secara tak sengaja. 

Perbincangan mengenai asteroid kembali memanas setelah pada Sabtu besok, 15 Februari 2020, asteroid 2002 PZ39 akan melintas mendekati bumi. Yang membuat ramai, asteroid ini punya potensi menabrak bumi meski sangat kecil kemungkinannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya