Logo BBC

Ada Kota Khusus bagi Para Perempuan Terusir di Kolombia

- Megan Janetsky
- Megan Janetsky
Sumber :
  • bbc

Selama lebih dari setengah abad konflik bersenjata di Kolombia, pertumpahan darah antara gerilyawan sayap kiri, kelompok paramiliter sayap kanan, dan tentara pemerintah memaksa hampir delapan juta orang meninggalkan rumah mereka.

Kaum perempuan dan Afro-Kolombia khususnya menghadapi tingkat kekerasan yang lebih besar dalam konflik tersebut, dan sering kali terusir ke kota yang jauh tanpa membawa apa-apa dan siapa-siapa.

Di sebuah permukiman miskin di kota pesisir Cartagena yang terik, sekelompok perempuan yang terusir dari tempat tinggal mereka memutuskan untuk melakukan sesuatu.

Mereka membentuk Liga Perempuan Pengungsi pada tahun 2003 dan merintis komunitas mereka sendiri dari nol: Kota Perempuan.

Kota yang terletak di dekat wilayah administrasi Turbaco itu terdiri dari 100 rumah yang dibangun para perempuan itu dengan tangan mereka sendiri.


Papan rambu bertulisan "Awas, machismo membunuh" berdiri di pusat kota, dekat salah satu dari 100 rumah yang dibangun para perempuan untuk diri mereka dan keluarga mereka sendiri. - Megan Janetsky

Dalam konflik bersenjata di Kolombia, kekerasan terhadap perempuan, khususnya kekerasan seksual, dilakukan untuk menebar ketakutan.

Banyak perempuan di Kota Perempuan adalah penyintas kekerasan tersebut.

Kota menawarkan tempat berlindung bagi para perempuan dan keluarga mereka yang menghadapi pembunuhan, pemerkosaan, ancaman, dan kekerasan lain baik saat di rumah maupun dalam pelarian.