Logo BBC

400 Warga AS di Kapal Pesiar Karantina Corona, 40 Tak Boleh Pulang

Warga negara Amerika yang dievakuasi dari kapal Diamond Princess di Jepang menuju Bandara Hameda, Minggu (16/02). - AFP
Warga negara Amerika yang dievakuasi dari kapal Diamond Princess di Jepang menuju Bandara Hameda, Minggu (16/02). - AFP
Sumber :
  • bbc

Sebagian warga negara Amerika Serikat (AS) yang dikarantina di dalam kapal pesiar Diamond Princess telah dievakuasi dan meninggalkan Jepang.

Mereka menggunakan dua pesawat yang disewa pemerintah AS dan bertolak dari Bandara Haneda di Tokyo menuju AS pada Senin (17/02) dini hari, menurut laporan kantor berita Kyodo.

Terdapat sekitar 400 warga AS di dalam kapal tersebut. Mereka tidak diizinkan keluar dari kapal sejak 3 Februari lalu karena ada yang terpapar virus Corona.

Setidaknya terdapat 40 warga AS yang terinfeksi virus Corona atau SARS-CoV-2 tersebut dan akan menjalani perawatan di Jepang.


Warga negara Amerika dievakuasi menggunakan bus dari kapal Diamond Princess menuju Bandara Haneda, Minggu (16/02). - Reuters

Kapal pesiar Diamond Princess telah dikarantina di pelabuhan Yokohama, Jepang, bersama dengan 3.700 penumpang dan awak kapal.

Kapal itu ditahan setelah seorang penumpang pria yang turun dari Hong Kong ditemukan terpapar virus yang telah menewaskan ribuan orang tersebut.

Pihak otoritas Jepang pada Minggu (16/02) lalu mengatakan jumlah orang terpapar di dalam kapal telah meningkat tajam dari 70 menjadi 355 orang, dan menjadi kasus paparan virus Corona terbesar yang terjadi di luar China.