Logo ABC

Pengakuan Pendaki Everest, Susahnya Dia Taklukkan Dua Istri

Warga Muslim di Malaysia diperbolehkan memiliki hingga empat istri dan meskipun dalam prakteknya tidak banyak yang melakukannya, namun tradisi ini masih hidup dalam masyarakat.
Warga Muslim di Malaysia diperbolehkan memiliki hingga empat istri dan meskipun dalam prakteknya tidak banyak yang melakukannya, namun tradisi ini masih hidup dalam masyarakat.
Sumber :
  • abc

Qobin telah mendaki gunung tertinggi yang ada di setiap benua. Tapi pria Malaysia ini mengaku memiliki dua orang istri justru jauh lebih sulit daripada naik ke puncak Gunung Everest.

Pria Muslim bisa memiliki istri hingga empat orang, namun kebanyakan rumah tangga tidak melakukan poligami. Setiap tahun sekitar 1.000 pria mengajukan izin poligami ke Pengadilan Agama. Dalam masyarakat Malaysia sendiri terjadi perdebatan mengenai baik-buruknya poligami dan menjalankan beberapa rumah tangga pada saat bersamaan.

Politisi sekaligus pengusaha bernama lengkap Muhammad Muqharabbin Mokhtarrudin ini tinggal di Kuala Lumpur dan menjalani kehidupan dengan dua rumah tangga.

Sebagai penjelajah dan pendaki, Qobin sudah pernah ke Kutub Selatan dan Kutub Utara, serta menjelajah medan sulit di berbagai negara.

Tapi dia mengaku, tantangan lebih besar yang dihadapinya adalah memiliki dua orang istri.

"Tidak mudah merawat hati orang," katanya kepada ABC.

"Ini keyakinan saya, jadi saya harus berbuat yang terbaik untuk kedua istriku. Saya menganggapnya sebagai tantangan," ujarnya.

Dalam usianya yang 37 tahun sekarang, Qobin memiliki enam orang anak. Empat dari istri pertama dan dua dari istri kedua.

Kedua istrinya tinggal terpisah di Kuala Lumpur, berjarak sekitar 10 kilometer satu sama lain.

Masyarakat Melayu, China, dan India berbaur di kota ini, tapi masih mempertahankan tradisi masing-masing.

Mungkin salah satu hal yang berbeda dalam masyarakat ini adalah pria Muslim diperbolehkan memiliki hingga empat orang istri.

Meski mayoritas warga Muslim tidak berpoligami, tradisi memiliki lebih dari satu istri masih ditemukan.