3 WNI di Kapal Positif Corona Covid-19, RI Mau Evakuasi 75 Lainnya

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi
Sumber :
  • Twitter/Menlu_RI

VIVA – Pemerintah Indonesia membuka opsi untuk mengevakuasi 75 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai kru di kapal pesiar Diamond Princess. Hal ini setelah terkonfirmasi bahwa terdapat tiga orang kru WNI positif virus Corona Covid-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Opsi evakuasi sejak awal dibuka dan kita terus-menerus akan melakukan koordinasi baik dengan otoritas di Jepang maupun dengan perusahaan kapal tersebut," kata Retno kepada wartawan di kantor Kemenlu Jakarta Pusat, Selasa 18 Februari 2020.

Retno mengatakan telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Jepang di Jakarta, Masafumi Ishii untuk memperhatikan kondisi kesehatan para kru kapal tersebut. Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah meminta informasi mendetail mengenai langkah yang akan diambil pemerintah Jepang setelah tanggal 19 Februari, di mana masa karantina kapal Diamond Princess tersebut berakhir.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Permintaan informasi ini saya sampaikan mengingat informasi yang diperoleh saat ini masih cukup terbatas. Saya juga meminta otoritas Jepang memastikan agar perusahaan dapat menjamin hak-hak kru tidak tercurangkan dengan situasi seperti saat ini," ujar Retno.

Di antara total 78 WNI yang bekerja sebagai kru kapal pesiar Inggris itu, tiga di antaranya telah positif terjangkit virus Covid-19. Dua WNI telah dibawa ke rumah sakit di kota Chiba dan telah didampingi oleh tim dari Kedutaan Besar RI di Jepang.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Dari tiga WNI yang sudah dinyatakan confirmed, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit di kota Chiba sementara yang satu sedang menjalani proses untuk menuju ke rumah sakit. Sehingga per detik ini, saya belum dapat menyampaikan satu WNI itu dibawa ke rumah sakit mana," lanjut Retno.

Diketahui bahwa terdapat total 3.711 orang yang ada di kapal pesiar Diamond Princess, terdiri dari 2.666 penumpang. Sementara kru sebanyak 1.045 orang dari 56 negara. Kapal tersebut dikarantina di perairan Yokohama di Jepang setelah ditemukan penumpang yang terinfeksi Corona.

Sejak tanggal 5 Februari hingga hari ini, total 446 orang telah positif terjangkit virus Corona Covid-19 dan telah dipindahkan serta diisolasi di rumah sakit di Prefektur Kanagawa.

Baca Juga: 3 dari 78 WNI ABK Kapal Diamond Princess Positif Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya