Logo BBC

India Sembunyikan Daerah Kumuh Gusur Penduduk Jelang Kedatangan Trump

India bersiap-siap untuk kunjungan resmi pertama Presiden AS Donald Trump pada 24 Februari. - Getty Images
India bersiap-siap untuk kunjungan resmi pertama Presiden AS Donald Trump pada 24 Februari. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

India sedang bersiap-siap menyambut Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan ada banyak pekerjaan yang sedang dilakukan untuk mempersiapkan kunjungannya, termasuk menyembunyikan beberapa daerah kumuh dan mengusir penduduk.

Menurut sejumlah laporan, langkah ini kebanyakan terjadi di Ahmedabad, Ibu Kota Gujarat yang merupakan negara asal Perdana Menteri India Narendra Modi.

Trump hanya akan menghabiskan sekitar tiga jam di sana, tetapi beberapa penduduk setempat khawatir akan tersingkirkan secara permanen.

"Setiap kali ada menteri yang mengunjungi daerah itu, mereka menyembunyikannya dengan tirai hijau sementara," kata seorang warga.

"Tapi mereka sedang membangun tembok untuk kali ini - yang akan menetap lama setelah dia pergi."

Pihak berwenang mengatakan tembok yang baru dibangun itu adalah bagian dari "proyek kecantikan" yang sedang berlangsung.

Daerah kumuh yang disembunyikan akan dilewati oleh iring-iringan kepresidenan saat menuju dari bandara ke stadion kriket terbesar di dunia, tempat di mana Presiden Trump akan berpidato di depan massa.

Menyembunyikan realitas sosial

Pada jarak satu kilometer dari lapangan olahraga itu, beberapa warga dari daerah kumuh lain telah menerima pemberitahuan mengenai penggusuran saat satu minggu mendatang.

Bijal Patel, wali kota kota itu, mengatakan: "Ini bagian dari upaya antiperambahan dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan acara tingkat tinggi ini." Tetapi keluarga yang tinggal di sana tidak yakin.

"Kami sudah tinggal di sini selama lebih dari dua dekade, dan tidak ada yang mengatakan apa-apa," kata seorang penduduk.