Logo BBC

Sudah Mundur, Mahathir Tetap Jadi PM Sementara Malaysia

Mahathir adalah pemimpimn negara paling tua di dunia sebelum ia mengundurkan diri. - AFP
Mahathir adalah pemimpimn negara paling tua di dunia sebelum ia mengundurkan diri. - AFP
Sumber :
  • bbc

Surat pengunduran diri Perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad yang disampaikan kepada Raja Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, mengejutkan banyak orang.

Pengunduran diri ini terjadi di tengah desas desus bahwa ia mungkin membentuk koalisi baru tanpa pengganti yang sebelumnya ia tunjuk, Anwar Ibrahim.

Raja menunjuk Mahathir sebagai perdana menteri sementara sampai dibentuk pemerintahan baru.

Mahathir yang berusia 94 tahun ini merupakan perdana menteri tertua di dunia.

Ia mulai berkuasa pada tahun 2018 lewat pemilu, mengalahkan partai partai United Malays National Organisation (UMNO), pimpinan Najib Razak.

Mahathir pernah pensiun dari jabatan sebagai Perdana Menteri pada tahun 2003, setelah 22 tahun memimpin.

Namun ia menghakhiri masa pensiun itu untuk memperbaiki apa yang disebutnya "kesalahan terbesar dalam hidup saya" - yaitu mendukung naiknya Najib Razak sebagai perdana menteri Malaysia.

Setelah berselisih dengan Najib serta partai UMNO yang saat itu berkuasa, ia kemudian memimpin lawan politik lamanya, koalisi oposisi Pakatan Harapan yang dipimpin Wan Azizah Wan Ismail, istri dari Anwar Ibrahim.

Sebelum pemilu, Mahathir mengatakan dia bermaksud menjadi perdana menteri selama dua tahun, sebelum kemudian menyerahkan jabatan itu ke Anwar Ibrahim.