Logo BBC

Ekonomi China Anjlok karena Corona, Negara-negara Lain Ikut Terperosok

Para ahli telah memperkirakan dampak ekonomi yang tajam akibat wabah virus corona. - Getty Images
Para ahli telah memperkirakan dampak ekonomi yang tajam akibat wabah virus corona. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Siapa yang sangka seorang pengantin wanita asal Amerika Serikat akan kehilangan gaun pengantin akibat virus Corona di China? Namun, itulah yang terjadi.

Hal ini menunjukkan sejauh mana masyarakat global dipengaruhi oleh percobaan terbesar sepanjang masa dalam upaya membatasi penyebaran sebuah penyakit.

Berbagai perkiraan dan prediksi telah muncul mengenai dampak dari karantina di China terhadap kesediaan barang di seluruh dunia - serta perekonomian global.

Sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di London, Capital Economics, memperkirakan bahwa kerugian akibat wabah akan mencapai lebih dari $280 miliar hanya dalam tiga bulan pertama tahun 2020.

Nilai itu lebih dari seluruh anggaran tahunan Uni Eropa, pendapatan tahunan Microsoft, maupun pendapatan tahunan Apple - dan delapan kali lipat dari total anggaran tahunan pemerintah Nigeria, sebagai sebuah contoh dalam konteks negara.

Itu karena China, ekonomi terbesar kedua di dunia - yang dikenal sebagai "pabrik dunia" - adalah negara yang paling terpengaruh oleh penyebaran penyakit itu sejauh ini.

Tetapi bagaimana pengaruhnya terhadap dompet Anda dan apa yang dapat Anda beli?

Sebagai permulaan, sangat mungkin bahwa komputer, tablet atau layar ponsel dimana Anda baca artikel ini dibuat di China atau menggunakan komponen yang dibuat di China.

Selain gadget, Anda mungkin terkejut mengetahui apa lagi yang terdampak oleh wabah virus Covid-19.

Gaun pengantin tidak akan sampai ke acara pernikahan