Saudi Moratorium Visa Umrah, Jokowi Lihat Itikad Baik

Jemaah umrah Banser saat gemakan Ya Lal Fathan di Masjidil Haram.
Sumber :
  • Repro Twitter Guntur Romli

VIVA – Presiden Jokowi menyatakan menghargai keputusan pemerintah Arab Saudi yang menunda visa bagi pada peziarah agama mengunjungi Mekah atau Madinah untuk mencegah penyebaran virus Corona yang sedang mewabah. Diketahui kebijakan sementara itu juga berlaku bagi jemaah Indonesia yang ingin menunaikan ibadah umrah.

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

"Kita menghargai, kita menghormati. Karena apa pun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Sudi. Kita sangat menghargai," kata Jokowi di Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.

Jokowi sendiri mengaku, baru mendengar informasi tersebut. Ia mengatakan akan berkomunikasi dengan Menteri Agama Fachrul Razi secepatnya.

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

"Saya baru dapat informasi kemarin," kata dia.

Jokowi melanjutkan, kebijakan termasuk larangan itu merupakan kedaulatan setiap negara. Artinya, proteksi agar virus Corona tak menyebar di Saudi. Hal yang sama juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan ketat mengecek orang-orang yang masuk lewat pintu bandara dan pelabuhan Indonesia.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berdasarkan catatan VIVAnews yang dihimpun, jumlah jemaah Umrah asal Tanah Air setiap tahunnya sebesar 800 ribu orang berangkat ke Tanah Suci. Saudi tidak memberi tenggat hingga kapan kebijakan moratorium umrah ini berlaku.
 

Umat Muslim melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, 29 Dzul Qadah 1445 (6 Juni) adalah hari terakhir bagi jamaah umrah untuk meninggalkan Arab Saudi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024