Logo BBC

Korsel Dipukul Wabah Corona, Korut Klaim di Negaranya Tak Ada

Seorang ibu mengenakan masker ke wajah anaknya di Pyongyang - KIM WON-JIN/AFP
Seorang ibu mengenakan masker ke wajah anaknya di Pyongyang - KIM WON-JIN/AFP
Sumber :
  • bbc

Karena jumlah kasus virus korona di Korea Selatan, perhatian kemudian beralih kepada tetangganya Korea Utara yaitu bagaimana mereka dapat mengatasi sendiri wabah tersebut.

Korea Utara dipandang sangat rentan terhadap penyakit menular, dan sistem perawatan kesehatannya dianggap tidak memadai untuk mengatasinya.

Sejauh ini, negara itu mengklaim tidak memiliki kasus virus Corona tapi sejumlah pengamat mempertanyakan kebenaran klaim tersebut.

Para ahli mengatakan wabah itu di Korea Utara akan menghancurkan populasi yang sudah menderita kekurangan gizi dan kesehatan buruk.

Apa yang diketahui soal Korea Utara tentang virus ini?

Korea Utara, tidak seperti biasanya, berterus terang tentang kebutuhan untuk menghalangi penyebaran virus, menggambarkannya sebagai masalah "keselamatan nasional" dan perlunya langkah "revolusioner".

Media dan pejabat negara berulang kali menekankan tak ada kasus di negara mereka, seraya memperingatkan mereka tak boleh lengah.

Informasi dipompakan hampir setiap hari dalam langkah-langkah dengan "intensitas tinggi" untuk mencegah virus Corona - juga perlunya praktik menjaga kesehatan.

Pemerintah menyiarkan gambar-gambar berisi pekerja dengan pakaian pelindung sedang menyemprot disinfektan di tempat umum dan penyuluh kesehatan mengajarkan gejala penyakit ini kepada publik.