AS Khawatir soal Corona, Kedatangan Jokowi ke Las Vegas Ditunda?

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 Osaka.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers dan media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Amerika Serikat dalam waktu dekat, untuk menghadiri acara ASEAN Summit. Ia bahkan sudah menyewa pesawat milik Garuda Indonesia, yakni Boeing 777 untuk menuju ke sana.

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Namun, rencana itu tampaknya harus ditunda. Presiden AS, Donald Trump mengumumkan bahwa gelaran yang sedianya diadakan di Las Vegas pada pertengahan Maret 2020 itu, harus diundur.

Dilansir dari Reuters, Sabtu 29 Februari 2020, alasan penundaan itu adalah karena AS khawatir dengan penyebaran virus Corona Covid-19, yang saat ini sudah memakan korban ribuan orang.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

“AS sudah berkonsultasi dengan para petinggi negara-negara di Asia Tenggara. Dengan berat hati, kami memutuskan untuk menunda pertemuan,” ujar salah satu pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya.

Tak hanya itu, kekhawatiran akan penyebaran virus Corona juga membuat pameran berskala internasional, Geneva Motor Show 2020 harus dibatalkan.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Acara yang rutin diadakan tiap tahun di Swiss sejak 1905 ini, harus ditiadakan pada 2020 karena sudah ada warga Eropa yang terjangkit virus mematikan tersebut.

Pengumuman dilakukan hanya beberapa hari sebelum acara dimulai, sehingga membuat banyak peserta pameran kaget.

Sebagai informasi, Geneva Motor Show biasanya dihadiri oleh merek otomotif ternama, mulai dari BMW, Mercedes, Ferrari, hingga pabrikan asal Jepang seperti Toyota dan Nissan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya