Warga New Zealand Kena Corona Usai Terbang dari Iran dan Bali

Rumah Sakit Auckland.
Sumber :
  • rnz

VIVA – Perdana Menteri New Zealand alias Selandia Baru, Jacinda Ardern, baru saja mengumumkan bahwa virus corona alias COVID-19 telah masuk ke negaranya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hal itu diketahui setelah salah seorang warganya berusia 60 tahun dinyatakan positif terjangkit virus mematikan itu usai melakukan pemeriksaan medis, Sabtu 29 Februari 2020.

Ardern menyatakan, ini merupakan kasus corona pertama yang ditemukan di negara ini. Untuk mengantisipasi penyebaran dan menyembuhkan warga itu, pemerintah telah mengisolasinya di Rumah Sakit Auckland.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sementara itu, menurut Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield, warga itu diduga kuat terjangkit corona di Iran. Sebab memang dia diperiksa setelah beberapa saat tiba di Selandia Baru usai berkunjung ke Iran.

Namun ada hal yang mengejutkan disampaikan Bloomfield, sebelum sampai di Selandia Baru, warga yang positif corona itu sempat transit di Bali.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Para pejabat kesehatan masyarakat telah mulai melacak kontak dekat pasien lainnya untuk memastikan bahwa langkah-langkah yang tepat telah dilakukan dan ini termasuk sekelompok orang yang terlibat dalam penerbangan, terutama untuk perjalanan terakhir yang dari Bali ke Selandia Baru," ujarnya seperti dilansir rnz.

Menurut Bloomfield, warganya yang positif corona itu terbang dari Iran, Bali lalu ke Selandia Baru dengan menumpangi pesawat Emirates EK450.

Selain pasien itu, ada 130 orang lainnya yang baru berkunjung ke Iran. Dan semuanya telah menjalani pemeriksaan medis. Semuanya dinyatakan negatif corona.

Baca: Kota Suci Qom Mencekam, Sudah 43 Warga Iran Tewas Akibat Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya