Logo ABC

Daftar Perusahaan Ternama Dunia Pakai Jasa Kerja Paksa Muslim Uighur

Sebuah laporan menyebutkan para pekerja di sejumlah pabrik di China masih terus dipaksa mengikuti program indoktrinisasi.
Sebuah laporan menyebutkan para pekerja di sejumlah pabrik di China masih terus dipaksa mengikuti program indoktrinisasi.
Sumber :
  • abc

Puluhan perusahaan ternama dunia, seperti Apple, Nike, Adidas, Uniqlo dan Skechers diketahui memiliki pemasok yang telah memperkerjakan warga minoritas Muslim di China secara paksa. Inilah laporan terbaru dari Australian Strategic Policy Institute (ASPI).

KP Uighur PBB mengatakan lebih dari 1 juta warga Uighur ditahan di Provinsi Xinjiang. Laporan ASPI mengatakan ribuan warga Uighur telah dipaksa kerja di sejumlah pabrik di China. Pemerintah China telah menepis tuduhan penyiksaan terhadap umat Muslim di China.

Dengan menggunakan dokumentasi dalam Bahasa China yang bisa diakses publik, serta citra satelit, pelaporan media, dan penelitian akademis, laporan berjudul "Uyghurs for Sale" mengidentifikasi 83 merek yang memiliki kaitan dengan pabrik-pabrik di China, di mana warga Uyghur bekerja dalam kondisi dipaksa.

Laporan tersebut menyebutkan 80.000 pekerja Uighur telah dipindahkan dari Xinjiang antara tahun 2017 dan 2019, dengan disebutkan mereka telah "dibeli" dan "dijual" oleh pemerintah dan broker komersial.

"Pejabat dan makelar menerima uang untuk setiap orang Uighur yang bisa mereka kirim. Perusahaan penerima mendapat uang tunai dari setiap orang Uighur yang mereka ambil," kata Vicky Xu, peneliti ASPI dan penulis utama laporan tersebut.

"Semua yang terlibat dalam pemindahan ini mendapat keuntungan, kecuali pekerja Uighur."

Lebih dari satu juta warga Uyghur, Kazakh dan etnis minoritas Muslim lainnya dilaporkan telah ditahan di sebuah pusat pelatihan, sebutan dari Partai Komunis, meski PBB menyebutnya pusat pendidikan ulang.